Selasa, 26 Mei 2009

PERANAN OTAK DALAM PERKEMBANGAN ANAK

Perkembangan anak sangat ditentukan oleh perkembangan otaknya. Perkembangan otak merupakan sebuah interaksi yang sangat kompleks antara faktor genetik dan stimulasi dari lingkungan, dimana pengalaman yang di peroleh dari interaksi dengan lingkungannya akan menstimulasi terbentuknya hubungan-hubungan yang kompleks antar sel-sel syaraf dan antar bagian-bagian otak(sinaps), sehingga dengan berjalannya waktu anak akan mampu mengerti dan melaksanakan aktivitas-aktivitas yang semakin kompleks.

Pengalaman di usia dini memiliki pengaruh yang sangat menentukan terhadap arsitektur otak dan kapasitas otak orang dewasa, kemampuan untuk belajar serta kapasitas untuk mengendalikan emosi. Perlu di perhatikan bahwa perkembangan otak tidak linier ada wktu-waktu terbaik (prime times) untuk mempelajari jenis-jenis pengetahuan dan skill yang berbeda.

Perkembangan otak ini meliputi perkembangan sinaps yang menghubungkan sel-sel saraf yang membangun sirkuit diotak, peningkatan ukuran sel-sel saaf,peningkatan jumlah sel-sel penunjang (glia),serta pembentukan selubung saraf. Perkembangan otak terjadi dengan pesat sejak dalam kandungan dan dilanjutkan setelah lahir pada tahun-tahun pertama kehidupan. Perkembangan otak di usia dini sangat menakjubkan karena dari sekitar 100 milyar sel saraf yang di bawa bayi sejak lahir akan terbentuk sekitar 1000 trilyun sinaps pada saat ia berusia 3 tahun atau sekitar 2 juta sinaps/detik. oleh karena itu perhatikanlah apa yang bisa menunjang nutrisi bagi otak kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut