Selasa, 26 Mei 2009

MENGENAL PERKEMBANGAN ANAK

Tanda-tanda perkembangan pada anak harus kita ketahui karena anak adalah anugrah yang sangat berharga yang dimiliki oleh setiap orang tua. Hal terbaik yang kita dapat lakukan sebagai orang tua adalah mempersiapkan mereka sebaik baiknya untuk kehidupan mereka dimasa mendatang, di mulai dengan mengoptimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan mereka sejak dini. Seiring perkembangan fisik buah hati kita yang begitu pesat, mereka pun mengalami proses pertumbuhan yang kognitif,bahasa, sosial dan emosional yang semuanya melengkapi persiapan sang buah hati untuk menjadi manusia seutuhnya.

APA SAJA YANG MENJADI TANDA TANDA ANAK BERKEMBANG DENGAN BAIK?????????
Perkembangan anak usia 1 tahun.
Fisik dan motorik kasar ; mampu berjalan di titah pada satu tangan, berjalan beberapa langkah.
Fisik dan motorik halus ; mampu menggenggam dengan lebih baik, dan dapat melepaskan genggaman bila diminta.
Kognitif dan bahasa ; mempunyai kosa kata lebih selain "mama" "papa"
Sosial dan Emosional ; dapat menyesuaikan diri saat mengenakan pakaian.

Perkembangan anak usia 2 tahun
Fisik dan motorik kasar ; mampu berlari jarak dekat dengan baik, berjalan mundur tanpa kehilangan keseimbangan, mampu menendang bola tanpa jatuh, menangkap bola, meloncat di tempat, naik tangga selangkah demi selangkah,dan berdiri dengan satu kaki tanpa kehilangan keseimbangan.
Fisik dan motorik halus ; mampu menumpuk tujuh kubus, coretan sirkuler,meniru garis horisontal dan melipat kertas.
Kognitif dan bahasa ;mampu membuat kalimat dengan subyek,predikat dan obyek.
Sosial dan Emosional ; mampu memegang sendok dengan baik,bercerita pengalaman baru, membantu melepaskan pakaian, mendengarkan cerita dengan gambar.

Perkembangan anak usia 3 tahun
Fisik dan motorik kasar ; mampu mengendarai sepeda roda 3, mampu melompat mampu berlari maju mundur.
Fisik dan motorik halus ; mampu menumpuk 10 kubus, meniru konstruksi jembatan dengan 3 kubus, membuat lingkaran dan bisa bermain puzzle.
Kognitif dan bahasa ; mengetahui usia dan jenis kelamin, mampu menghitung 3 objek dengan benar, mengulang 3 angka dan mengulang kalimat yang terdiri dari 6 suku kata.
Sosial dan Emosional ; mampu bermain permainan sederhana, membantu mengenakan pakaian, memakai sepatu dan mencuci tangan.

Perkembangan ank usia 4 tahun
Fisik dan motorik kasar ; mampu melompat dengan 1 kaki, melempar bola dari atas kepala, memanjat dan naik turun di meja dengan 1 kaki di bawah dan 1 kaki di meja
Fisik dan motorik halus ; mampu menggambar jembatan, menggunakan gunting untuk memotong gambar
Kognisif dan bahasa ; mampu menghitung 4 koin dengan benar dan mampu bercerita.
Sosial dan Emosional ; dapat bermain dengan beberapa anak dengan memulai intraksi sosial, bermain peran dan pergi ke toilet sendiri.

Perkembangan anak usia 5 tahun
Fisik dan motorik kasar ; mampu melakukan lompat tali dan berlomba lari
Fisik dan motorik halus ; mampu menggambar segi tiga,mengetahui perbedaan berat benda mampu menyusun balok menjadi bangunan.
Kognitif dan bahasa ; mampu mewarnai menggunakan 4 warna, mengulang sebuah kalimat yang terdiri atas 10 suku kata menghitung 10 koin dengan benar.
Sosial dan Emosional ; dapat berpakaian dan melepas pakaian sendiri, bertanya tentang arti kata dan bermain peran domestik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut