Kamis, 03 September 2009

Tips Mengajarkan Anak Bersikap Toleran

Sebuah cerita Dewasa tentang pasangan suami istri dalam mengajarkan anak bersikap toleran.

Setiap pasangan hidup atau suami istri selalu mendambakan seorang anak, dan mungkin ini merupakan salah satu tujuan dari perkawinan atau pernikahan tersebut. Di dalam proses pernikahan dan setelah lahirnya seorang anak, para orang tua juga mempunyai kewajiban bagaimana membesarkan dan mendidik Anak-anak tersebut? baik secara lahir maupun bathin.

Anak-anak mempunyai kebiasan yang pada umumnya adalah bermain, Selain itu juga anak-anak bersekolah. Di sekolah anak-anak sudah pasti mempunyai banyak teman dari berbagai kalangan dan tidak menutup kemungkinan berteman atau bergaul dengan beda jenis dan beda agama serta beda adat dan kebudayaan.

Sebagai orang tua disinilah salah satu kewajiban kita untuk mengajarkan anak bersikap toleran kepada semua orang baik teman maupun kepada orang lainnya.

Berikut Tips Mengajarkan Anak Bersikap Toleran;


  1. Perhatikan perilaku orang tua. Bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya toleransi harus memperlihatkan sikap menghargai terhadap orang lain dihadapan anaknya.
  2. Hati-hati dengan bahasa yang digunakan. Anak-anak selalu belajar dari apa yang didengar, untuk itu berhati-hatilah dalam berbicara dengan orang yang berbeda. Jangan membuat lelucon yang menyinggung suatu perbedaan, meskipun terdengar lucu tapi anak bisa mengikutinya.
  3. Selektif dalam memilih buku, mainan, musik, kesenian dan video. Tetap menjaga pikiran anak bahwa semua orang harus diperlakukan sama, tidak ada yang berbeda.
  4. Jawablah segala macam pertanyaan anak tentang perbedaan secara jujur dan dengan rasa hormat.
  5. Mulailah menghargai segala macam perbedaan tersebut dari anggota keluarga sendiri. Perlihatkan cara menghargai anak yang memiliki perbedaan kemampuan, ketertarikan maupun gaya.
  6. Memberitahu anak bahwa toleransi bukan berarti menghargai perilaku yang buruk. Anak harus diberi tahu perilaku seperti apa yang harus dihargai dan yang tidak perlu dihargai.
  7. Ajarkan anak tentang perasaan diterima, dihormati dan dihargai. Karena anak yang merasa dirinya buruk akan memperlakukan orang dengan buruk pula, sedangkan anak yang memiliki pertahanan tubuh serta rasa menghormati yang kuat akan memperlakukan orang dengan hormat juga.
  8. Berikan anak kesempatan untuk bermain dan belajar dengan populasi yang berbeda-beda, sehingga perasaan toleransi itu akan muncul dengan sendirinya.
Demikian sedikit tips dan trik bagaimana kiat atau Tips Mengajarkan Anak Bersikap toleran terhadap sesama semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut