Kamis, 10 September 2009

Senam Pencegah Asma Kambuhan

Setiap orang harus memperhatikan Kesehatan diri, karena KESEHATAN sangat berharga bagi kita semua. Dalam postingan di Blog ini kami akan menulis tentang senam pencegah asma kambuhan. Penyakit ASMA adalah sebuah penyakit sesak pada pernapasan manusia. Hambatan para penderita asma dalam proses penyembuhan adalah biaya terapi penyembuhan yang cukup mahal. Namun ada cara lain yang bisa dipakai dalam terapy penyembuhan yaitu berolah raga pernapasan.

Beberapa olahraga atau pilihan olahraga yang bisa dipakai untuk melatih pernapasan penderita asma antara lain berenang dan jalan santai. Namun hal yang perlu di hindari adalah jangan berolahraga saat cuaca dingin, karena orang asma peka terhadap cuaca tersebut. yang paling bagus dilakukan adalah melakukan
terapy senam asma.

Senam asma atau terapy senam asma sangat mampu membantu penderita asma kambuhan. Hal ini diungkapkan oleh seorang spesialis paru RSUD Ulin Banjarmasin dr.Isa,sp.p. bahwa asma kambuhan dapat dicegah dengan cara mengikuti terapy senam asma, karena dengan mengikuti ini sama dengan melatih pernapasan atau melatih bernapas yang benar serta memperkuat otot-otot pernapasan. Gejala orang tidak terkontrol asma diantaranya sering mengalami asma dalam seminggu terjadi dua kali seperti sesak napas, dada terasa berat dan disertai batuk. Utuk itu dr.Isa menilai sekarang pemahaman penderita asma tentang terapy masih rendah dikarenakan kurangnya edukasi personal. Dia menyarankan keberhasilan pengobatan asma tidak hanya di tentukan oleh obat-obatan yang di konsumsi, tetapi juga harus di tunjang dengan olahraga yang mampu meningkatkan kemampuan pernapasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut