Kamis, 24 September 2009

Mengenal Gejala Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa stroke merupakan pembunuh no 3 terbesar di indonesia. Strok (bahasa Inggris: stroke) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak. Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang si penderita mengalami kelumpuhan pada anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Apalagi penyakit stroke tidak hanya menyerang orang lanjut usia tapi juga menyerang orang-orang usia produktif. Sungguh mengerikan apabila mendengarnya dan jangan sampai kita terkena stroke. Stroke merupakan kondisi akut dan serius.

Menurut Shidarta (1993) sampai sekarang dikenal 26 faktor risiko atau sponsor stroke yang dapat diciutkan menjadi 7 yaitu usia, hipertensi, diabetes, heperlipidemia (terlalu banyak lemak di darah), penyakit jantung, merokok, dan stress reaktif.

Sedangkan menurut Fremingham Cohort, risiko stroke adalah merokok, kebanyakan garam, dan kebanyakan kalori, disamping diabetes, hipertensi dan usia lanjut. Menurut Fremingham Cohort sebagian besar dari sponsor stroke bukanlah penyakit tetapi justru perilaku manusia yang bergaya hidup tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut