Kamis, 27 Agustus 2009

Pentingnya Keheningan

Sebuah syair lagu yang menyatakan "di keheningan malam aku sendiri" begitulah kira-kira. Lalu ada apakah di balik keheningan itu?? seberapa pentingnya keheningan itu?? apakah kita perlu akan pentingnya keheningan.... pada tulisan di Blog Ini kami akan membahas masalah pentingnya keheningan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, aktivitas keseharian sangat melelahkan. Tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi rumah tangga, stress karena kemacetan jalan raya, mungkin hutang yang menumpuk serta kegiatan –kegiatan yang mengakibatkan kepenatan yang luar biasa. Hiruk pikuk dan dan keseharian sangat memabukan dan meracuni jiwa. Jiwa penat letih dan lesu, Capek tidak hanya badan saja, tetapi jiwa juga sangat capek, badan dan jiwa perlu beristirahat, perlu ketenangan dan keheningan. Perlu keheningan untuk menyelaraskan keharmonisan agar tidak cepat sakit dan kemudian mati sia-sia.

Ketika jiwa manusia penuh dengan keinginan, maka diperlukan keheningan. Ketika kegelisahan dan kegalauan menerpa maka diperlukan keheningan. Ketika berat beban hidupmu maka diperlukan keheningan. Tidak ada yang diperlukan selain ketenangan dan keheningan dalam setiap beban persoalan. Keheningan adalah keselarasan antara alam dan manusia, antara manusia dan Sang Pencipta, antara kita dan dunia. Untuk apa setiap hari berjerih lelah jikalau kita melupakan keheningan untuk memulihkan bathin dari keganasan hawa nafsu dunia yang mencekam, menakutkan, memburu dan menghancurkan.

Ketika jiwa tidak pernah mengalami ketenangan, dan ketika jiwa tidak pernah mengalami keheningan maka jiwa akan mengalami kekeringan, gersang, tandus dan penuh dengan akar kepahitan yang menyakitkan. Jiwamu perlu kearifan untuk mendukung dirimu melakukan aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu beristirahatlah dan ambilah kesempatan untuk hening dan wening sejenak, menyejukan jiwa yang terpanggang keangkaramurkaan dan ambisi yang menyala-nyala bagai api yang membara. Tidak akan ada orang lain yang menolong ketika jiwamu melolong, berteriak-teriak minta tolong karena kamu tidak bijak budi dalam kehidupanmu.

Jiwa perlu ketenangan, perlu keheningan agar segar kembali dan dapat mendengar suara bathin yang bersih. Jiwa perlu mendengar gemericik air yang mengalir, melembut terkena tetesan embun pagi. Kepenatan dan tekanan hidup menjadi keramahan yang menyegarkan jika jiwa menjadi hening. Hening, tenang dan wening sumber kesegaran jiwa yang abadi, sumber hidup yang suci. Alirkanlah jiwamu dalam keselarasan yang harmonis menuju keagungan yang menenangkan. Berbahagialah jiwamu didalam keheningan yang sejati.

Demikian sedikit tulisan tentang pentingnya keheningan pada postingan kami saat ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan pembaca pada khususnya. Jadikan lah ini semua sebagai renungan dalam hidup kita agar kita bisa hidup dengan Sukses di dalam menyikapi apakah hidup kita perlu akan Arti Sebuah Kesuksesan dalam diri dan kehidupan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut