Minggu, 08 Maret 2009

MANFAAT JAMUR KUPING

Jamur adalah makanan yang banyak digemari oleh hampir setiap orang. Jamur banyaklah macam dan ragam serta namanya, ada jamur merang,dan jamur kuping dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan manfaat dari salah satu jamur dan manfaatnya. Jamur itu adalah jamur kuping.

Dari segi gastronomik ataupun organolepotik, rasa, aroma dan penampilan dari jamur kuping kuranglah menarik apabila dihidangkan sebagai makanan. Namun jamur kuping sudah sangat dikenal dekat sebagai bahan makanan yang mengandung atau memiliki khasiat sebagai OBAT DAN PENAWAR RACUN.

Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk,ketebalan dan warnanya. Kandungan nutrisi dalam jamur kuping terdiri atas AIR(89,1), protein (4,2)lemak (8,2) karbohidrat total(82,8) serat (19,8) abu(4,7) dan nilai energi 351. jamu kuping yang bertubuh kecil sering disebut jamur kuping tikus. Digemari karna warnanya lebih muda dan rasanya gurih sedangkan yang melebar biasa disebut jamur kuping gajah rasanya sedikit kenyal dan harus diiris tipis tipis.

Jamur kuping dapat mengobati panas dan mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Jika jamur kuping direbus atau dipanaskan,maka akan menghasilkan lendir yang sangat berhasiat untuk penangkal racun, baik dalam bentuk racun nabati ,residu pestisida, sampai keracun logam berat. Di china hampir semua masakan dicampur dengan jamur kuping untuk menetralisir racun.

Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping itu epektip untuk menghambat pertumbuhan CARCINOMA DAN SARCOMA (KANKER) sampai 80-90%. Jamur ini juga berpungsi menghambat penggumpalan darah, diantaranya adalah penyakit darah tinggi atau pembuluh darah mengeras yang diakibatkan oleh penggumpalan darah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut