Selasa, 21 Desember 2010

CARA MERAIH PRESTASI

PRESTASI.....merupakan impian semua kalangan baik perorangan maupun umum atau instansi.Prestasi merupakan kebanggan karena tidak semua bisa mendapatkannya, terbukti dari setiap ada turnamen atau perlombaan hanya satu diantara dekian yang meraih prestasi itu.

Orang kreatif termotivasi oleh kehendak untuk berprestasi, bukan oleh nafsu untuk mengalahkan orang lain. Persaingan merupakan hasil samping dari pekerjaan produktif (Ayn Rand).

Tujuan hidup yang baik adalah meraih prestasi dalam arti meningkatkan diri dan terus belajar sehingga diri kita sekarang lebih baik dari kemarin, dan diri kita pada masa mendatang lebih baik daripada hari ini. Dalam hidup memang banyak persaingan, tetapi tujuan hidup kita bukanlah untuk mengalahkan pesaing, apalagi membuat mereka mati dan tidak berkutik lagi.

Meraih prestasi
merupakan pekerjaan yang produktif, bukan hanya pada diri sendiri tetapi juga bagi orang lain. Memang hal ini memiliki hasil samping, yang ada walaupun bukan merupakan tujuan utama, yaitu persaingan. Jadi tujuan kita yang utama adalah meraih prestasi, bukan memenangkan persaingan.

Motivasi untuk meraih prestasi dapat berasal dari dalam maupun dari luar diri; tentu saja motivasi yang berasal dari dalam akan lebih tahan lama karena murni berasal dari diri sendiri. Orang yang memiliki keinginan berprestasi (nAch - need for achievement) tinggi menurut David Mccelland memiliki karakteristik:

1. Memiliki target yang moderat, karena ia bukan seorang safety player dan juga bukan seorang penjudi (gambler).
2. Belajar dari pengalaman.
3. Bertanggung jawab atas setiap kegagalan, tidak mencari kambing hitam.

Dan tentu saja salah satu faktor lagi yang perlu kita ingat selalu, yaitu berserah pada Tuhan dan terus berusaha dengan segala cara, pantang menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kliksaya

statcounter

Pengikut